GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

NASA Siapkan Live Streaming Gerhana Matahari Cincin Api

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Api

Gerhana Matahari Cincin Api akan terjadi pada pekan depan, yakni pada tanggal 14 Oktober. Namun, sayangnya, keindahan fenomena alam ini tidak dapat dinikmati oleh warga Indonesia. Dari empat gerhana yang terjadi di tahun 2023, tiga di antaranya berlangsung di Indonesia, melibatkan gerhana matahari hibrida pada 20 April, gerhana bulan penumbra pada 5-6 Mei, dan gerhana bulan sebagian pada 29 Oktober.

Menurut BRIN, gerhana matahari cincin tidak dapat disaksikan di Indonesia karena negara ini tidak berada dalam bayangan antumbra atau penumbra Bulan. Gerhana Matahari Cincin Api hanya akan terjadi di Amerika Serikat (AS) pada 14 Oktober waktu setempat. Bagi masyarakat Indonesia yang berminat menyaksikan momen ketika matahari tertutup oleh bulan tersebut, perlu memperhatikan perbedaan zona waktu antara AS dan Indonesia.

NASA, Badan Antariksa Amerika Serikat, menginformasikan bahwa Gerhana Matahari Cincin Api 2023 akan membuat delapan negara bagian AS mengalami fase penumbran total, yaitu Oregon, California, Nevada, Utah, Colorado, Arizona, New Mexico, dan Texas.

Untuk wilayah yang tidak dapat menyaksikan langsung, NASA menyediakan layanan live streaming yang dapat diakses oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk warga Indonesia. Berbagai platform digital milik NASA akan menyiarkan secara langsung peristiwa gerhana matahari cincin api.

Kamu dapat mengakses link streaming Gerhana Matahari Cincin Api melalui: [link streaming].


Untuk catatan, Gerhana Matahari Cincin Api akan terjadi pada pukul 09.13 pagi waktu setempat. Sementara itu, di Indonesia, waktu kejadian akan jatuh pada pukul 23.13 WIB.

Berdasarkan informasi dari NASA, Gerhana Matahari Cincin Api pada 14 Oktober 2023 dapat diamati di wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah, dan sebagian besar Amerika Selatan. Namun, cincin api tersebut hanya dapat terlihat di jalur selebar 118 hingga 137 mil (190 hingga 220 kilometer).

Jalur ini akan melintasi bagian barat Amerika Serikat sebelum melanjutkan ke Meksiko, Amerika Tengah, dan sebagian wilayah Amerika Selatan. Waktu optimal untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin Api pada 14 Oktober 2023 diperkirakan berlangsung selama 5 menit 17 detik.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.