GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Kaya Nutrisi , Ini Manfaat Goji Berry yang Baik Untuk Kesehatan

Ilustrasi

Goji berry sering dijadikan elemen penting dalam menu makanan sehat, mengingat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan ukuran kecil dan warna merah jingga, buah ini juga memiliki cita rasa manis alami. Namun, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat goji berry untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan?

Manfaat Kesehatan dari Buah Goji Berry

Goji berry, atau yang dikenal sebagai wolfberries, merupakan buah asli Asia. Berikut adalah kandungan nutrisi dalam 28 gram goji berry yang telah mengalami proses pengeringan:

  • Kalori: 98.
  • Protein: 4 gram.
  • Lemak: 0,1 gram.
  • Karbohidrat: 21,6 gram.
  • Serat: 3,6 gram.
  • Gula: 21,8 gram.
  • Zat besi: 11 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin A: 501 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin C: 15 persen kebutuhan harian.

Keberlimpahan nutrisi ini membuat goji berry memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Melawan Penuaan Dini pada Kulit

Goji berry mengandung antioksidan zeaxanthin, yang dapat melindungi sel kolagen kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu menunda proses penuaan.

2. Strengthen Sistem Imun

Buah ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi dari serangan flu, meskipun bukan pengganti vaksin.

3. Optimalkan Kesehatan Mata

Kandungan zeaxanthin dalam goji berry melindungi mata dari kerusakan sel tubuh akibat paparan zat-zat berbahaya.

4. Pengaturan Gula Darah

Goji berry berpotensi membantu menurunkan gula darah, meningkatkan toleransi gula, mengurangi resistensi insulin, dan memperbaiki sel yang memproduksi insulin.

5. Meningkatkan Kadar Testosteron

Studi pada tikus menunjukkan peningkatan jumlah sperma, kemampuan seksual, dan pemulihan kadar testosteron dengan konsumsi goji berry.

6. Pencegahan Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan tinggi dapat memberikan efek penghambat tumor, menurunkan peradangan sitokin dalam darah.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya manfaat goji berry terkait dengan kesehatan tubuh, terutama dalam hal pencegahan kanker.

7. Mendukung Pertumbuhan Rambut yang Optimal

Goji berry mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Kehadiran vitamin A juga mendukung aliran darah ke kulit kepala secara optimal, berpotensi meningkatkan kesehatan pertumbuhan rambut.

8. Energi yang Lebih Tinggi

Menurut penelitian yang terdokumentasi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, konsumsi ekstrak goji berry dapat meningkatkan tingkat energi pada subjek penelitian, memberikan dampak positif pada tingkat energi secara keseluruhan.

9. Pencegahan Depresi

Kandungan vitamin B dan C yang kaya dalam goji berry, bersama dengan serat dan mangan, berperan penting dalam meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. Nutrisi ini dapat membantu mengelola stres, mengurangi risiko depresi, dan mendukung kesehatan mental.

10. Pengendalian Tekanan Darah

Goji berry mengandung polifenol yang dapat melindungi tubuh dari peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini bermanfaat khususnya bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, membantu mencegah perburukan kondisi kesehatan mereka.

11. Peningkatan Kualitas Tidur

Selain manfaat untuk depresi, konsumsi goji berry juga dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur, terutama bagi mereka yang sering mengalami kesulitan tidur.

12. Pemeliharaan Kesehatan Hati

Goji berry dikenal dalam pengobatan tradisional untuk mendukung kesehatan hati. Penelitian melalui hewan menunjukkan potensi tanaman ini dalam mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit hati berlemak.

13. Optimalisasi Kekuatan Otot

Kandungan asam amino dalam goji berry dapat membantu memperkuat otot tubuh, menambahkan dimensi positif pada manfaat kesehatannya sebagai superfood.

Goji berry dapat ditemukan dalam bentuk buah yang telah mengalami proses pengeringan. Untuk penggunaannya, kamu dapat mencampurkannya dengan berbagai hidangan sehat, seperti salad buah, yoghurt, atau granola.

Tidak hanya itu, goji berry juga dapat ditambahkan ke adonan kue, roti, atau muffin. Selain itu, buah ini bermanfaat dalam menyajikan minuman sehat, seperti smoothies.

Agar mendapatkan tekstur yang lebih lembut, rendamlah buah kering ini selama beberapa menit. Setelah mengembang, goji berry siap digunakan dan dikonsumsi.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.