GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Resep sederhana Opor Ayam Kuning lauk enak saat lebaran


Siapa yang tidak kenal dengan sajian legendaris ini? Dalam saus yang lezat, kumpulan ayam kuning dengan kenangan liburan dan cerita tentang kota. Setiap daerah di Indonesia bisa memiliki menu dan cita rasa tersendiri. Namun jika berbicara tentang opor ayam, hampir semua orang setuju bahwa rahasia rasanya terletak pada persiapan bumbu opor ayam yang tepat, yaitu perpaduan antara bumbu halus dan rempah-rempah, hidangan yang menghasilkan opor ayam yang manis dan kuning.

Selain menjadi makanan rumahan sehari-hari, opor ayam sering menjadi salah satu lauk pauk dan bersama lauk pauk lainnya dalam menu one dish Indonesia.
 
Misalnya di DKI Jakarta, opor ayam seperti lauk dengan lontong atau ketupat sayur. Pendampingnya adalah telur rebus atau semur telur dan disajikan dengan kerupuk bawang dan saus kacang atau cabai rebus. Sedangkan daerah Jawa Tengah seperti Yogyakarta sudah mengenal opor ayam sebagai lauk nasi panas ditemani sambal krecek. Berbeda dengan daerah Solo, hidangan utama nasi liwet adalah opor ayam yang juga disajikan dengan tumis labu siam dan telur rebus.
 
Oleh karena itu, jelaslah bahwa opor ayam tidak hanya menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia, tetapi juga menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Ada tiga jenis opor ayam yang populer di Indonesia, yaitu opor ayam putih, opor ayam kuning, dan opor ayam merah. Bagi yang suka sambal, ayam merah bisa jadi menu favorit karena warna sambal merah menunjukkan rasa sambal.

Tips memasak ayam dengan kuah santan kuning

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memasak makanan yang biasa dilakukan saat bulan Ramadan dan Idul Fitri. Mulailah dengan menyiapkan ayam, memasak ayam kuning, dan memasak ayam kelapa asli. Ada dua jenis kandang ayam untuk ayam. Ini adalah ayam kampung, dimasak beberapa saat untuk menghilangkan bau ayam kampung yang menyengat atau langsung direndam dalam bumbu. Jika Anda mendapatkan ayam besar atau tua, sebaiknya dimasak terlebih dahulu dalam air mendidih selama 10 menit. Kemudian ayam santan kuning siap dihidangkan. Bersihkan ayam sampai ke rongga perut untuk menghilangkan bau ayam yang tidak sedap. Gunakan juga jeruk nipis untuk mencuci bumbu karena membuat daging lebih manis. Resep ayam kuning sederhana ini adalah kunci kelezatannya. Gunakan bumbu dasar ungu dengan tambahan daun jeruk, ketumbar, lengkuas dan kencur untuk menciptakan rasa santan yang kuat. Setelah santan dimasukkan, aduk sesekali agar santan tidak menggumpal. Masak dengan api besar agar air tidak meresap sebelum ayam empuk. Setelah mencoba resep ayam lebaran ini, tidak ada salahnya mencoba olahan lainnya

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.