GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Bacaan Surah Al Falaq Dan Terjemahannya

Ilustrasi Al-Qur'an

Sebisa Bisnis Jogja - Surah Al Falaq merupakan surah yang ke 113 dari 114 surah yang ada di dalam Al - Qur'an. Surah Al Falaq terdiri dari 5 ayat. Selain itu Surah Al Falaq dapat dijadikan sebagai amalan sunah yang di baca 7 Kali bersamaan dengan Al Fatihah , Al Ikhlas dan An-Nas seusai menggelar Sholat Jumat.

Membaca Surah Al Falaq juga memiliki beragam manfaat diantaranya sebagai berikut.

Menjaga Diri Dari Bahaya Saat Tidur
Membaca Surah Al Falaq dapat bermanfaat menjaga diri dari bahaya ketika kita sedang tidur.

Berdasarkan pada hadist riwayat bukhari , dari Aisyah RA , Ketika Rasulullah hendak menuju tempat tidur di setiap malam kemudian ia mengumpulkan kedua telapak tangannya , setelah itu meniupkan ke kedua telapak tangan sembari membaca surah Al -Ikhlas , Al-Falaq dan An-Nas.

Kemudian Beliau mengusapkan kedua tangannya ke bagian tubuh yang dapat dijangkaunya dilanjutkan ke bagian tubuh yang depan.

Hal tersebut , Beliau lakukan sebanyak tiga kali dan apabila kita membaca surah Al-Falaq sebelum tidur , maka Allah SWT akan menjaga dari tidurnya.

Melindungi Dari Bahaya Kejahatan Sihir Dan Lainnya

Manfaat lain membaca Surah Al-Falaq berdasarkan Dalil An Nubuwwah. Pasalnya Nabi Muhammad SAW pernah mendapatkan sihir dari seseorang Yahudi yakni Lubaid Bin Asham yang merupakan penyihir tersebut.

Metode sihir yang digunakan Lubaid Bin Asham yakni dengan pelepah kurma. Namun , tak hanya itu saja ada juga beberapa gigir sisir dan sebelas ikatan yang ditusuk menggunkan jarum

Mengetahui hal tersebut , Rasulullah kemudian membaca surah Al-Falaq dan alhamdulillah sihir tersebut dapat terlepas.

Berikut ini adalah bacaan Surah Al - Falaq arab lengkap beserta terjemahan dan artinya.

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ 
qul a'ụżu birabbil-falaq 

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ 
min syarri mā khalaq 

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ 
wa min syarri gāsiqin iżā waqab 

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ 
wa min syarrin-naffāṡāti fil-'uqad 

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ 
wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya :
Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."

Semoga dengan kita mengetahui lafal , arti dan manfaat Surah Al-Falaq menjadikan kita lebih baik lagi dan mengamalkan bacaan surah - surah Al - Qur'an.



Penulis : Tommy Prabowo
Editor   : Bambang Dwi Nur Cahyo

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.