GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Penyebab Motor Beat Esp Tidak Dapat Di Starter Dan Cara Mengatasinya 2024

Ilustrasi

Perlunya merawat kendaraan bermotor secara berkala dapat meminimalisir tingkat kerusakan pada kendaraan anda. Seperti yang kita ketahui bahwa mesin juga sangat riskan jika kita tidak merawatnya dengan baik. Sama seperti kita sebagai manusia , kita juga perlu merawat diri agar tidak gampang terkena penyakit. Begitu juga dengan mesin prinsipnya sama. Bicara tentang perawatan sepeda motor , Apakah kamu sudah merawatnya dengan baik?

Setiap saat walaupun kendaraan kita dirawat dengan baik pasti juga akan mengalami kerusakan Baik dari sparepart yang sudah aus maupun komponen lain. Dari artikel ini saya akan membagikan informasi dan tutorial tentang Penyebab Motor Beat Esp keluaran 2020 kebawah yang tidak dapat di starter. Pada pembahasan kali ini saya rangkum lebih detail tentang tutorial dan langkah - langkah memperbaikinya.

Penyebab ringan electric starter atau biasa dikenal dengan starter adalah pada bagian battery. Apabila battery sudah tidak dapat menyimpan energi maka starter tidak dapat lagi digunakan. Solusinya yaitu dengan kita menambah air accu dan menyetromnya apabila anda menggunakan type battery basah. Namun apabila anda menggunakan type battery kering sebaiknya check point isi gel apakah masih ada atau sudah habis. Apabila sudah tiada lagi gel yang ada di dalam battery sebaiknya tambahkan accu zur kemudian stoom aki tersebut sampai penuh.

Namun perlu diketahui cara tersebut tidak serta merta membuat aki anda menjadi awet dan itu hanya bersifat sementara. Apabila kondisi aki sudah tidak layak lagi maka akan drop kembali dan sebaiknya ganti aki baru. 

Penyebab lain starter tidak berfungsi yaitu pada masalah pada kabel. Umumnya kerusakan ini terjadi akibat gigitan tikus atau yang lainnya sehingga menyebabkan konselting atau kabel putus. Selain itu kondisi busi yang sudah lemah juga dapat mempengaruhinya. Faktor lain yang dapat menyebabkan motor tidak dapat di starter yaitu pada Switch Starter yang sudah tidak berfungsi , saran permasalahanya dengan mengganti part switch starter yang baru. Ada juga faktor lain yaitu sekering putus. Akibat sekering dapat putus karena terjadinya konselting arus sehingga mengakibatkan sekering putus langkah penyelesainnya yaitu dengan mengganti sekering yang baru.


Faktor yang terakhir yaitu pada terdapat kotoran pada panel saklar , pully dan CVT. Langkah penyelesainnya yaitu sebagai berikut.

  • Bersihkan kotoran pada panel atau saklar starter yaitu dengan membongkarnya
  • Bongkar blok CVT dan bersihkan semua kotoran yang ada di dalamnya. jangan lupa berikan pelumas pada bagian yang dibutuhkan
  • Bongkar Rumah puly dan bersihkan pada komponen sekitar puly serta kipasnya
Apabila anda sudah membersihkan semuanya rakit kembali komponen yang dibongkar tadi dengan teliti jangan sampai ada yang tercecer. Setelah siap lakukan test pertama dengan menekan tombol starter motor. Insyaallah dengan langkah dan pemeriksaan diatas motor anda dapat kembali di starter dengan normal. Apabila motor anda tetap tidak dapat di starter lakukan lagi dan periksa apakah terdapat yang terlewat. 

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.