GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Manfaat Baik Bawang Putih Untuk Kesehatan - Sakisaku Health


Selain sebagai bumbu penyedap makanan bawang putih juga dapat bermanfaat baik lho bagi tubuh kita. Bawang putih biasanya sebagai bumbu dapur favorit masyarakat indonesia untuk menambah aroma serta cita rasa pada masakannya. Selain sebagai bumbu dapur , Bawang putih ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Di dalam bawang putih terdapat kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Diantaranya yaitu 4 kalori , 1 gram karbohidrat , protein 0,2 gram , 0,1 serat , 5,4 mg kalsium , 0,1 mg mangan , 0,9 vitamin C , Vitamin B6 , Flavonoid , selenium , Asam Amino dan Oligosakarida.

Dengan banyaknya kandungan tersebut , Bawang putih sering juga digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan.

1. Menyehatkan Jantung

Bawang putih bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi penyakit jantung. Manfaat ini lebih efektif pada bagian ekstrak bawang putih yang dikeringkan. Menurut hasil penelitian Journal of nutrition Ekstrak bawang putih menunjukan penurunan vitamin C dan kadar kalsium reaktif yang merupakan penumpukan yang dapat mempersempit arteri serta memicu peradangan.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih juga dapat menjadi obat bagi penderita hipertensi , Bahkan khasiatnya sangat sebanding dengan obat hipertensi generik. Berdasarkan hasil penelitian dari Pakistan Journal Of Pharmaceutical Sciences menyebutkan bahwa bawang putih mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan doastolik dengan efektifitas yang hampir setara dengan obat atenolol.

3. Mencegah Terjadinya Kanker

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin juga dapat mencegah terjadinya berbagai jenis kanker. Kandungan yang terdapat di dalam bawang putih mampu mencegah pembentukan dan penyebaran sel kanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin dua kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko kanker paru sebesar 44%.

4. Dapat Menurunkan Kolesterol

Selain sebagai bumbu dapur , Bawang putih juga dapat menunrunkan kolesterol tinggi. Secara rutin mengkonsumsi 1 hingga 2 siung kecil bawang putih mentah 10 gram setiap hari selama dua bulan dapat menurunkan kadar kolesterol secara drastis. Manfaat ini dapat diperoleh dar kandungan senyawa allicin pada kandungan bawang putih mentah. Untuk mendapatkan manfaatnya bawang putih bisa langsung dikunyah ataupun ditumbuk.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan Flavonoid pada bawang putih juga dapat berpotensi meningkatkan kesehatan tulang. Flavonoid dapat meningkatkan pembentukan tulang juga dapat mencegah pengeroposan mineral tulang. 

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.