GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Manfaat Daun Pepaya Jepang Banyak Khasiatnya

Ilustrasi

Belakangan ini daun pepaya jepang santer terdengar dimasyarakat. Mitos tersebar bahwa daun ini dapat menyebabkan penyakit tertentu. Daun PepayaDaun Pepaya jepang merupakan salah satu jenis pepaya yang mudah kita jumpai di indonesia. Daun ini memiliki karakteristik berbeda dari Daun Pepaya lainnya yang pada umumnya terasa pahit.

Selain itu , Daun pepaya jepang sangat cocok ditanam dan mudah tumbuh diberbagai tempat seperti ditempat beriklim dingin maupun panas.

Menurut dr. Damar Upahita dan melansir dari hellosehat.com , Daun pepaya jepang ini memiliki beragam manfaat dan kandungan gizi yang baik bagi tubuh kita. Daun Pepaya Jepang ini juga memiliki nama latin Cnidoscolus aconitifolius (Chaya).

Uniknya jenis tanaman ini ( Daun Pepaya Jepang ) bukan berasal dari Jepang melainkan berasal dari Amerika Tengah, tepatnya di Negara Meksiko dan Guatemala.
Hingga saat ini belum diketahui daun chaya dinamakan sebagai daun pepaya jepang di indonesia.

Menurut journal of medicinal plants research
Kandungan gizi daun pepaya jepang ( chaya ) dalam 100 gram sebagai berikut.
  1. Air  85ml
  2. Protein 5.7gram
  3. Zat besi 11.4mg
  4. Kalsium 199mg
  5. Fosfor 39mg
  6. Kalium 217mg
  7. Vitamin C 165mg

Daun pepaya ini juga termasuk tumbuhan yang tumbuh subur didaerah panas. Bahkan pada daerah kekeringan dan berpasir. Selain itu daun pepaya ini termasuk juga jenis tanaman yang tahan terhadap serangga maupun penyakit.

Daun pepaya jepang ( chaya ) disebut juga dengan superfood karena tinggi gizi dan nutrisi seperti antioksidan dan serat asam lemak. Tidak dipungkiri bahwa Daun Pepaya jepang ( chaya ) memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

1. Membantu Pembentukan Otot

Tak banyak sayuran yang nemiliki kandungan protein tinggi. Satu diantaranya adalah Daun Pepaya jepang. Dari 100gram Daun Pepaya jepang mengandung 5.7 gram protein. Kandungan protein yang ada di dalam Daun Pepaya Jepang ini lebih banyak dibandingkan dengan Selada Air yang Hanya 3.1 gram.

Manfaat Protein di dalam Daun Pepaya Jepang adalah membantu pembentukan otot , memperkuat jaringan tubuh dan membuat kenyang lebih lama.

2. Digunakan Sebagai Obat Tradisional

Berdasarkan penelitian yang ditulis dalam Journal of medicinal Plants Research , Daun Pepaya jepang juga sering dibuat sebagai obat tradisional. Daun ini memiliki sifat antidiabetes , hepatoprotektif dan antiokasidan.

Hepatoprotektif adalah senyawa yang memiliki efek teurapeutik dalam mengobati dan memulihkan penyakit hati ( liver ).

3. Mencegah Anemia

Selain itu , Daun Pepaya jepang juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi dibandingkan dengan bayam. Sebagai pembanding daun pepaya jepang dalam 100 gram mengandung 11.4 miligram zat besi.

Sementara itu , dalam 100 gram daun bayam hanya mengandung 3.5 miligram zat besi. Oleh karena itu kandungan zat besi yang ada di dalam daun pepaya jepang dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan daun bayam.

Zat besi tersebut berperan dalam pembentukan sel darah merah , mengurangi resiko anemia hingga meningkatkan konsentrasi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Daun Pepaya jepang juga kaya akan kalsium dibandingkan dengan sayuran lainnya. Terbukti dalam 100 gram Daun pepaya jepang mengandung 199 miligram kalsium yang sangat baik melengkapi kebutuhan harian.

Angka Kecukupan Gizi ( AKG ) 2018 , menunjukan bahwa kebutuhan kalsium orang dewasa adalah 1.200 miligram perhari. Selain itu , Daun Pepaya Jepang ini juga memiliki khasiat dalam kesehatan jantung agar syaraf - syaraf dapat berfungsi dengan baik.

5. Meningkatkan Data Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam daun pepaya Jepang memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam 100 gram daun pepaya jepang mengandung 165 miligram Vitamin C.

Selain itu , Vitamin C juga berperan dalam pembentukan pembuluh darah , kolagen di dalam tulang hingga tulang rawan.

Tak hanya itu vitamin C juga dapat mempercepat dalam penyembuhan ketika tubuh sedang sakit. Oleh karena itu , Daun Pepaya jepang adalah salah satu pilihan makanan kaya Vitamin C.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memasak Daun Pepaya Jepang

Meski daun pepaya jepang memiliki banyak manfaat dan khasiat , perhatikan cara mengolahnya. Daun Pepaya jepang Harus Dimasak sampai matang. Hindari mengkonsumsi Daun Pepaya jepang secara mentah. Karena daun tersebut mengandung glikosida sianogenik.

Glikosida Sianogenik adalah senyawa racun alami yang berada di dalam daun tersebut. Namun tidak perlu khawatir , racun tersebut akan hilang bila dimasak matang dengan air mendidih selama 15 menit.

Selain itu , tidak perlu membuang air rebusan daun pepaya jepang karena masih memiliki manfaat dan khasiat sebagai sumber nutrisi. Manfaat air rebusan Daun Pepaya ini adalah sebagai sub atau diminum menjadi teh.

Air Daun Pepaya yang direbus aman dikonsumsi karena Racun Sudah Hilang dalam proses pemanasan.




Editor   : Ina Putri Ayu Sulistyowati

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.