GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Ini Cara Mengembalikan Indera Penciuman , Coba Dengan 7 Makanan ini

Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic

Sakisaku Tech , D.I Yogyakarta - Cara mengembalikan indera penciuman dapat menggunakan bahan alami. Dengan manfaat 7 makanan ini membuat indera penciuman dan perasa kamu berfungsi seperti semula. Beberapa orang yang positif terpapar virus Corona atau Covid 19 mengaku kehilangan fungsi indera penciuman dan perasa. 

Mereka sama sekali tidak dapat mencium aneka bau dan merasakan berbagai rasa makanan. Selain Gejala Covid-19 , terdapat beberapa hal yang mempengaruhi indera penciuman dan perasa.

Misalnya Alergi , masalah pernafasan serta efek dari kemoterapy. Sebenarnya gejala ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun prosesnya berbeda pada setiap orang. Ada yang sembuh dalam beberapa hari , namun ada juga yang mencapai hitungan bulan.

Selain mengandalkan obat kimia , kamu juga dapat mencoba berbagai pengobatan herbal dengan mengkonsumsi makanan alami. Berikut cara mengembalikan indera penciuman melalui bantuan 7 makanan :

1. Lemon

Lemon dan berbagai sumber asam sitrat lain secara alami efektif merangsang dan membangkitkan indera perasa. Rasa asam yang kuat pada lemon membantu mengaktifkan reseptor penciuman , pengecapan dan dengan ini lidah lebih mampu mengecap rasa manis dan asam.

Untuk pengobatan, kamu dapat mengkonsumsi rutin air perasan jeruk lemon yang sudah dicampur dengan air hangat. Agar rasanya lebih nikmat kamu juga bisa menambahkan madu. Konsumsi air perasan jeruk lemon setiap hari 2x hingga kondisi anda membaik.

2. Teh Chamomile

Cara mengembalikan indera penciuman juga bisa dengan bantuan teh herbal. Teh chamomile sudah lama dijadikan obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Segelas teh Chamomile diseduh hangat mampu meredakan gejala demam , peradangan dan infeksi.

Selain itu juga mampu memperlancar sistem pernafasan dan hidung tersumbat. Bila anda mengaami kehilangan indera penciuman dan perasa anda dapat mengkonsumsi teh Chamomile dengan menyeduhnya dengan air hangat dan diminum setiap pagi hingga kondisi anda membaik.

3. Jahe

Maraknya Covid-19 menjadikan rimpang jahe mendadak populer. Kandungan nutrisi di dalam jahe diklaim mampu mengusir virus dan mengobati berbagai masalah kesehatan seperti flu , influenza , flu burung hingga Covid-19 termasuk penyakit yang ampuh diobati dengan rutin mengkonsumsi jahe.

Senyawa aktif di dalam jahe dapat membantu mengatasi kondisi yang berhubungan dengan hilangnya indera penciuman dan perasa. Cara pengobatannya pun cukup mudah yaitu dengan mengiris jahe tersebut lalu dikunyah atau seduh dengan air hangat.

4. Cuka Apel

Cuka apel menjadi salah satu cara mengembalikan indera penciuman. Selama ini cuka apel dikenal dengan manfaat mengobati infeksi hidung. Hidung tersumbat dan sinus yang dapat menyebabkan hilangnya indera penciuman dan perasa. Hal ini karena aktivitas anti - inflamasi dan antimikroba dari cuka apel.

Rasa dari cuka apel juga terbilang asam segar sehingga dapat dijadikan obat herbal. Untuk pengobatannya tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air hangat aduk rata dan minum dua kali sehari. Anda juga dapat menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

5. Bawang Putih

Sifat antimikroba dari bawang putih dapat membantu melegakan saluran hidung dan membantu mengembalikan indera penciuman. Selain itu , asam risinoleat dalam bawang putih menunjukan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan masalah pernafasan karena hidung tersumbat.

Cara pengobatannya yaitu ambil 2 - 3 siung bawang putih lalu rebus hingga airnya mendidih. Minum hasil rebusan ini dua kali sehari hingga lidah kembali dapat mencecap rasa. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam agar rasanya tidak terlalu menyengat.

6. Peppermint

Peppermint digunakan sebagai ramuan obat yang diandalkan untuk mengobati gejala pilek dan flu. Rasanya yang pedas segar membantu melegakan pernafasan sehingga dapat mengembalikan fungsi penciuman dengan efektif. 

Untuk cara pengobatan yaitu dengan merebus daunnya dan olah menjadi teh lalu minumlah setidaknya 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal. 

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan masalah pada paru - paru. Minyak kelapa secara alami juga membantu meredakan infeksi paru - paru , alergi dan radang pada saluran pernafasan.

Untuk cara pengobatannya yaitu dengan memasukan minyak kelapa ke dalam mulut lalu diamkan selama 5 hingga 10 menit lalu muntahkan. Setelah itu berkumur dengan air hangat. Lakukan cara ini sekali dalam sehari. Terapi minyak kelapa ini sebaiknya dilakukan setiap pagi. Itulah 7 makanan yang dapat membantu sebagai cara mengembalikan indera penciuman dan perasa.



Source  : Detik
Editor.  : Tommy Prabowo



Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.