GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Gunung Ijo , Destinasi Wisata Alam Rekomendasi Untuk Anda Kunjungi

Ilustrasi
Foto : @pranataanggarakusuma

Anda pecinta wisata alam? Gunung ijo menjadi salah satu destinasi wisata rekomendasi untuk anda kunjungi. Berlokasi di perbatasan kulon progo , Magelang dan Purworejo , Wisata Gunung ijo menjadi tren ngehits saat ini.

Keberadaan pegunungan menoreh dikaitkan erat dengan pembangunan Candi Borobudur. Bahkan masyarakat sekitar juga mempercayai bahwa pangeran Gunadharma yang merancang candi tersebut tidur abadi pada bagian selatan Candi dalam bentuk rangkaian pegunungan menoreh.

Bila kita perhatikan , pegunungan tersebut nampak terlihat seperti orang yang tengah berbaring dilengkapi juga dengan mahkotanya.

Pegunungan ini juga melintasi beberapa daerah termasuk kabupaten Kulon Progo yang dinyatakan dome terbesar. Dengan bagian puncak datar serta sayap - sayap yang curam karenanya wilayah ini terbentuk dari beberapa Gunung Api Purba pada waktu lampau.

Memang sangat menarik bila kita membicarakan tentang masa lalu dan kabupaten Kulon Progo sendiri termasuk salah satu kota kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun lokasinya berada di ujung kota gudeg , namun kota yang diresmikan sejak tahun 1951 banyak dikunjungi para wisatawan karena memiliki beragam piliham destinasi wisata mulai dari pegunungan , air terjun hingga Pantai.

Selain itu , akses ke Kabupaten Kulon Progo sudah sangat mudah. Anda yang berlokasinya jauh dari kota ini dapat mencapainya dengan menggunakan beberapa alat transportasi , termasuk dengan menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara YIA.

Untuk sampai di lokasi Wisata Gunung ijo , dari pusat kota kulon progo anda harus menempuh perjalanan sekira 10 Km hingga tiba di kalurahan Hargotirto , Kapanewon Kokap , Kabupaten Kulon Progo. 

Dipuncak Gunung ini kerap digunakan untuk berswafoto serta anda juga dapat menikmati terbitnya matahari dan tenggelamnya matahari.

Wisata Gunung ijo berada pada ketinggian 675 m diatas permukaan laut. Dan pada bagian puncak tersebut terdapat ikon berupa batu besar yang dapat dijadikan tempat untuk berfoto.

Adapun fasilitas yang disediakan oleh lokasi wisata ini cukup lengkap. Mulai dari Mushola , toilet hingga warung makan. Jadi bila anda lupa membawa bekal tidak usah khawatir karena disana sudah tersedia.

Demikianlah penjelasan singkat tentang wisata Gunung Ijo. Jangan ragu untuk mengunjungi puncak Gunung ini. Mari visit Kulon Progo. 

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.