GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Pesona Alam Air Terjun Sidoharjo

Air terjun Sidoharjo adalah salah satu objek wisata air yang terdapat di Daerah istimewa Yogyakarta. Jogja memang kaya dengan aset pariwisatanya. Sebagai salah satu daerah terkenal di indonesia provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga menyimpan berbagai wisata alam yang berada di Kabupaten Kulon Progo.

Image @cuyskmc

Salah satunya adalah wisata air terjun sidoharjo. Meski tempat wisata ini jarang terdengar di telinga wisatawan namun Wisata Air terjun Sidoharjo menyimpan berbagai daya tarik yang membuat penasaran para wisatawan.

Lokasi Air terjun ini berada diantara perbukitan menoreh. Tempat wisata ini juga merupakan Air terjun dengan tebing tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Objek wisata satu ini juga dikenal sebagai air terjun perawan. Biasanya kata " perawan " adalah konotasi bagi tempat - tempat yang belum terjamah sama sekali. Namun , dari penduduk sekitar menyatakan bahwa Air terjun perawan karena pertama kali menemukan lokasi wisata ini adalah seorang gadis.

Terlepas dari uniknya asal usul tempat wisata ini , objek wisata satu ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa. Selain itu , belum ada sarana prasarana buatan sehingga masih terlihat alami.

Lokasi dan rute

Air terjun Sidoharjo berlokasi di dusun gonolangu , Kalurahan Sidoharjo , Kapanewon Samigaluh , Kabupaten Kulon Progo. Untuk medan yang dilewati menuju kesana anda akan menemui banyak tanjakan namun , kondisi jalan sudah memadai. 

Untuk jarak yang ditempuh bila anda dari jogja sekitar 31 km dengan estimasi waktu perjalanan 1 - 1.5 jam. Lebih mudah bila anda menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Namun begitu , tetap bisa diakses dengan kendaraan roda empat atau mobil dengan perhatian dan tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Fasilitas

Belum ada sarana prasarana di wisata ini , sehingga pengunjung sebaiknya mempersiapkan sendiri terkait pembekalan kebutuan untuk berkunjung ke lokasi wisata Air terjun ini.

Informasi Tiket Masuk

Untuk tiket masuk , belum ada tiket masuk untuk wisata ini. Namun demikian tetap memerlukan biaya parkir untuk kendaraan roda dua Rp. 2000 dan kendaraan roda empat / mobil Rp. 5000.



Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.